Jumat, 04 Februari 2011

SINOPSIS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu
Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.
Metode Penelitian
Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.
Statistik
Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.
Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan
Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.
Evaluasi Pengajaran Bahasa
Perkuliahan ini membahas teori, penemuan atau materi lainnya tentang testing, dan evaluasi agar mahasiswa dapat mengaplikasikannya dalam pengajaran bahasa.
Asas Pengajaran Bahasa
Perkuliahan ini membahas beberapa metode pengajaran bahasa, penelitian pengajaran bahasa dan pemerolehan bahasa, strategi belajar bahasa, pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa, dan implikasinya bagi guru bahasa agar mahasiswa dapat menerapkan implikasi tersebut dalam pengajaran bahasa.


Analisis Wacana
Mata kuliah ini menguraikan pendekatan kebahasaan dalam analisis wacana. Dalam mata kuliah ini dijelaskan bagaimana bentuk-bentuk bahasa digunakan oleh manusia dalam komunikasi dan, secara khusus, bagaimana penutur/ penulis membentuk pesan kebahasaan yang ditujukan kepada pendengar/ pembaca dan bagaimana pendengar/ pembaca mengolah pesan-pesan tersebut dalam usaha menginterprestasinya.
Semantik dan Pragmatik
Mata kuliah ini menjelaskan garis-garis besar hubungan antara sintaksis, semantik, dan pragmatik, batasan antara semantik dan pragmatik, dan pragmatik umum.
Linguistik Terapan
Mata kuliah ini merupakan pendalaman terhadap struktur bahasa Indonesia serta problematika yang timbul dalam perkembangan bahasa Indonesia dengan mendasarkannya pada teori linguistik.
Teori dan Kritik Sastra
Mata kuliah ini memberikan teori tentang sastra, hakikat, nilai, konsep sistem sastra, serta aliran dalam sastra untuk memperkaya wawasan kesusasteraan umum.
Metodologi Penelitian Bahasa
Mata kuliah ini berkenaan dengan teori dan praktek penelitian bahasa lapangan. Penekanan utama diberikan pada proses persiapan, pengumpulan data, deskripsi data, dan penyajian hasil analisis data.
Psikolinguistik
Mata kuliah ini difokuskan kepada pengkajian teori-teori pemerolehan bahasa (languge acquisition) dengan membahas topik-topik: perkembangan pralinguistik, ujaran satu kata, ujaran kombinasi kata, ujaran kalimat sederhana dan komplek serta meninjau sepintas masalah hubungan bahasa dengan pikiran serta ingatan dan neurolinguistik.
Sosiolinguistik
Memberikan pendalaman tentang hubungan antara linguistik dengan masyarakat pemakai bahasa, serta segala aspek yang ditimbulkannya.
Menulis Ilmiah
Salah satu penentu keberhasilan proses belajar bahasa adalah penguasaan keterampilan-keterampilan tertentu dalam berbahasa, diantaranya keterampilan menulis. Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menguasai secara tuntas keterampilan menulis. Dengan penguasaan ini mereka diharapkan dapat menerapkan keterampilannya sebagai penulis yang kreatif, dan dipihak lain dapat membina para calon pengajar pada jenjang S1 (Sarjana).
Retorika
Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang pengetahuan dan keterampilan dalam pemakaian bahasa sebagai seni, baik lisan maupun tertulis, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang tersusun rapi. Didalamnya tercakup pembahasan tentang pengertian, sejarah: retorika klasik dan retorika modern, metode retorika dan pendidikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar